Cari

Kamis, 30 September 2010

Windows hang secara berkala

Windows hang secara berkala

MASALAH : “Secara berkala, sistem operasi Windows saya selalu hang.”

Keinginan untuk menambah kapasitas memori sudah terlaksana dengan dibelinya satu keping RAM 64 MB. Ini membuat memori keseluruhan menjadi 128 MB: Lebih dari cukup untuk pekerjaan sehari-hari yang biasa dilakukan. Namun, dengan tercapainya keinginan ini, tidak berarti kebahagiaan ikut menyertai. Sejak dibelinya RAM baru, komputernya tak
pernah bertahan lama: Selalu hang, minimal sekali dalam satu jam.

Semula, pembaca yang masih setia pada Windows 95 ini menganggap bahwa sistem operasinya tidak dapat menangani kapasitas memori yang besar. Ia mengganti sistem operasi dengan Windows 98 SE, lalu Windows 98 ME. Namun keduanya tidak memberikan hasil yang memuaskan. Rutinitas hang masih selalu dijalani satu jam sekali.

DIAGNOSA : “Kesalahan pengelolaan memori membuat Windows kebingungan. ”

Setelah berulangkali menginstal ulang Windows tanpa memberikan hasil yang diinginkan, pembaca ini menghubungi CHIP via telepon. CHIP menyarankan untuk memeriksa memori dan hard disk dari kemungkinan adanya bad-sector: Gejala yang dialaminya persis sama jika memori yang dipakai mengalami kerusakan, atau hard disk memiliki bad sector di tempat-tempat vital.

Pembaca ini mengikuti saran CHIP dan tidak ada kabar apaapa lagi selama tiga hari. Ini tidak berarti bahwa masalahnya telah teratasi; rupanya ia menjalankan Scandisk dalam mode thorough pada hard disknya yang berkapasitas 12 GB! Setelah itu, ia kembali menginstal ulang Windows dan tidak memperoleh hasil yang diharapkan.

Pemeriksaan memori juga sudah dilakukan. Memori yang baru dibelinya dipasang pada komputer di kantornya: Selama 24 jam tidak ada masalah apa pun. Jelas sudah bahwa kedua komponen utama yang dicurigai, memori dan hard disk, lepas dari tuduhan dengan meyakinkan. Lalu, apa lagi?

Mungkin karena sudah putus asa, ia melepaskan semua card yang terpasang pada motherboard Soyo SY-7VCA dan memulai kembali pekerjaan yang memuakkan: Menginstal ulang Windows beserta aplikasi-aplikasi. Jam pertama ia merasa senang, karena komputernya masih mampu bertahan. Ia menganggap masalahnya telah teratasi. Namun, lima belas menit kemudian, komputernya kembali membandel. Akhirnya, atas undangan CHIP, komputer yang menjengkelkan ini dibawa oleh pemiliknya ke redaksi CHIP.

Kemudian langkah pemeriksaan dimulai kembali dari awal: Memeriksa kontak-kontak dan kabel penghubung, membersihkan soket dan kipas, serta prosedur-prosedur standar lainnya. Semua beres, tetapi Windows tetap hanya bertahan selama belasan menit untuk kemudian hang. Meskipun sudah pernah dicoba oleh pemiliknya, CHIP juga mencoba mengganti RAM dengan milik redaksi yang diketahui bekerja normal: Hasilnya, nihil.

Semua periferal dilepaskan dari motherboard dan dipasang ke motherboard lainnya. Windows diinstal ulang: Satu jam, dua jam, semua normal. Jadi, masalahnya ada pada motherboard? Mungkin Anda berkesimpulan seperti itu. Sama seperti CHIP. Benarkah?


SOLUSI : “Satu pembenahan dalam BIOS berhasil mengatasi masalah.”

Setelah diperoleh kepastian, pemeriksaan dialihkan ke motherboard. Sebelumnya, CHIP kembali mengajukan pertanyaan kepada pemiliknya. Kapan masalah muncul. Setelah memasang RAM, apa yang dilakukannya.

Dari tanya jawab lanjutan ini, hanya terungkap satu fakta yang sepertinya tidak berguna: Setelah RAM dipasang, BIOS di-reset ke Fail-Safe Configuration. Ini merupakan setting paling aman yang menjamin motherboard dapat bekerja.

Karena hanya itu yang terungkap, CHIP pun mulai menelusuri setting dalam BIOS. Semua tampak beres, semua ada pada nilai yang seharusnya. Tapi, tunggu!

Option PCI/VGA Palette Snoop, di halaman Advanced BIOS Setting, yang seharusnya selalu dimatikan (disable) di sini malah aktif (enable). Aktifnya setting ini membuat Windows kebingungan dalam mengelola memori layar dan membuatnya hang.

CHIP menekan F7 untuk mengembalikan ke nilai default, tetapi enable memang nilai default-nya! Ini memang aneh, karena semua versi BIOS SY- 7VCA yang ada di website Soyo memiliki nilai disable sebagai default. Setelah diubah ke nilai yang seharusnya, sampai artikel ini turun cetak, PC pembaca tersebut masih berjalan normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar